PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ANEKDOT KELAS X KECANTIKAN SMKN 4 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.13

Authors

  • Nur Hafifah PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Moh. Fatah Yasin PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Ahsani Taqwiem PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

pembelajaran, menyimak, anekdot

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran,  proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran menyimak teks anekdot pada kelas X Kecantikan SMKN 4 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendsikripsikan pelaksanaan pembelajaran menyimak teks anekdot di sekolah. Dalam pembelajaran pelaksanaan ada tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan perencanaan RPP sesuai dengan kurikulum 2013, guru sudah membuat RPP yang terdiri dari indikator, materi, kegiatan pembelajaran, penilaian, media, bahan dan sumber belajar beberapa komponen yang tidak dimasukkan oleh guru yaitu alokasi waktu dan metode yang digunakan. Guru juga tidak memasukkan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan terdiri dari tiga kegiatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti (pendekatan saintifik), dan kegiatan penutup. Tahap evaluasi guru berdasarkan presentasi di depan kelas dan keaktifan dalam pembelajaran dan untuk penilaian dilihat dari hasil unjuk kerja kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

27-08-2018

How to Cite

Hafifah, N., M. . Fatah Yasin, and A. Taqwiem. “PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ANEKDOT KELAS X KECANTIKAN SMKN 4 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 1, no. 2, Aug. 2018, pp. 10-17, doi:10.20527/jtam.v1i2.13.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>