KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI BERDASARKAN KOMIK “DORAEMON” PESERTA DIDIK KELAS VII-I MTSN 2 KOTA BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.38

Authors

  • Rizka Khairunnisa PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Noor Cahaya PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Ahsani Taqwiem PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

keterampilan menulis, cerita fantasi, komik Doraemon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerita fantasi berdasarkan komik “Doraemon” peserta didik kelas VII-I MTsN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan unsur pembangun dan ciri kebahasaan cerita fantasi. Unsur pembangun cerita fantasi tersebut yaitu tema, tokoh, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan seluruh aspek yang telah diteliti, seluruh peserta didik tergolong terampil pada aspek tokoh, alur, dan sudut pandang. Peserta didik kelas VII-I MTsN 2 Kota Banjarmasin yang tergolong terampil berjumlah 10,71%. Peserta didik yang tergolong mampu berjumlah 64,29%. Peserta didik yang tergolong cukup terampil berjumlah 21,43%. Peserta didik yang tergolong kurang terampil berjumlah 3,57%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-25

How to Cite

Khairunnisa, R., Cahaya, N., & Taqwiem, A. (2020). KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI BERDASARKAN KOMIK “DORAEMON” PESERTA DIDIK KELAS VII-I MTSN 2 KOTA BANJARMASIN . JURNAL LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.38

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>