KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII-D SMP NEGERI 15 BANJARMASIN

Authors

  • Nabila Ika Santi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Jumadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahsani Taqwiem Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

pembelajaran, kemampuan menulis, cerita fantasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik Kelas VII-D SMP Negeri 15 Banjarmasin berdasarkan aspek judul, orientasi, komplikasi, resolusi, orisinalitas ide, dan kreativitas pengembangan cerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik yang memenuhi kriteria baik: ada 12 (60%) orang pada aspek judul; ada 19 (95%) orang pada aspek orientasi; ada 7 (35%) orang pada aspek komplikasi; ada 13 (65%) orang pada aspek resolusi; ada 6 (30%) orang pada aspek orisinalitas ide; ada 9 (45%) orang pada aspek kreativitas pengembangan cerita. Berdasarkan seluruh aspek yang telah diteliti, peserta didik SMP Negeri 15 Banjarmasin yang tergolong terampil ada 4 (20%) orang; peserta didik yang tergolong cukup terampil ada 4 (20%) orang; dan peserta didik yang tergolong kurang terampil ada 12 (60%) orang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-30

How to Cite

Ika Santi, N., Jumadi, & Taqwiem, A. (2022). KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII-D SMP NEGERI 15 BANJARMASIN. LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 5(1), 50–64. Retrieved from https://locana.id/index.php/JTAM/article/view/81

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>