KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII-D SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
Keywords:
pembelajaran, kemampuan menulis, cerita fantasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik Kelas VII-D SMP Negeri 15 Banjarmasin berdasarkan aspek judul, orientasi, komplikasi, resolusi, orisinalitas ide, dan kreativitas pengembangan cerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik yang memenuhi kriteria baik: ada 12 (60%) orang pada aspek judul; ada 19 (95%) orang pada aspek orientasi; ada 7 (35%) orang pada aspek komplikasi; ada 13 (65%) orang pada aspek resolusi; ada 6 (30%) orang pada aspek orisinalitas ide; ada 9 (45%) orang pada aspek kreativitas pengembangan cerita. Berdasarkan seluruh aspek yang telah diteliti, peserta didik SMP Negeri 15 Banjarmasin yang tergolong terampil ada 4 (20%) orang; peserta didik yang tergolong cukup terampil ada 4 (20%) orang; dan peserta didik yang tergolong kurang terampil ada 12 (60%) orang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Nabila Ika Santi, Jumadi, Ahsani Taqwiem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.