KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERPEN “PERSAHABATAN” KARYA YUKSINAU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v2i1.21

Authors

  • Yulita Indah Sari PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Moh. Fatah Yasin PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Ahsani Taqwiem PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

kemampuan, keterampilan berbicara, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan memahami isi cerpen ‘Persahabatan’ karya Yuksinau yang dibaca peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan sampel 50% dari populasi, yakni sebanyak 92 orang menggunakan teknik menceritakan kembali cerpen yang dibaca berdasarkan tes lisan unsur-unsur pembangun cerpen. Hasil penelitian ini membuktikan kemampuan memahami isi cerpen ‘Persahabatan’ karya Yuksinau yang dibaca siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin termasuk dalam kategori mampu. Hal tersebut disebabkan oleh skor rata-rata hasil tes lisan kemampuan peserta didik yang memiliki kemampuan maksimal mencapai ≥77,0 dengan presentase 9,8% peserta didik yang “kurang mampu” dalam memahami isi cerpen dengan frekuensi tujuh orang, 30,4% peserta didik yang “cukup mampu” dalam memahami isi cerpen dengan frekuensi dua puluh delapan orang, 42,2% peserta didik yang “mampu” dalam memahami isi cerpen dengan frekuensi tiga puluh sembilan orang, dan 17,4% peserta didik yang “sangat mampu” dalam memahami isi cerpen dengan frekuensi enam belas orang, dan 0,2% peserta didik yang “belum mampu” dalam memahami isi cerpen dengan frekuensi dua orang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

11-08-2019

How to Cite

Indah Sari, Y., M. Fatah Yasin, and A. Taqwiem. “KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERPEN ‘PERSAHABATAN’ KARYA YUKSINAU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 2, no. 1, Aug. 2019, pp. 27-37, doi:10.20527/jtam.v2i1.21.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>