Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Pada Pidato Nadiem Makariem: Analisis Wacana Van Dijk

INDEPENDENT LEARNING AND INDEPENDENT CAMPUS IN NADIEM MAKARIM'S SPEECH: DISCOURSE ANALYSIS OF VAN DIJK

https://doi.org/10.20527/jlc.v8i1.301

Authors

  • Muhammad Ridho Firdaus Daus Universitas Lambung Mangkurat
  • Jumadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Moh. Fatah Yasin Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

merdeka belajar, kampus merdeka, wacana Van Dijk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana berdasarkan pandangan Van Dijk yang
terdapat pada video berisi pidato Nadiem Makariem mengenai merdeka belajar dan kampus merdeka.
Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini ialah deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa analisis wacana kritis Van Dijk berdasarkan struktur mikro dapat dilakukan
dengan cara identifikasi makna, susunan kata, diksi, serta gaya dan retorika. Pada penelitian ini, analisis
wacana kritis Van Dijk berdasarkan struktur mikro terkait makna digambarkan dari penggunaan
praanggapan (presupposition), penggunaan kata ganti berupa kita, saya, dan kami, serta penggunaan
gaya retorika berupa pengulangan bunyi. Analisis wacana kritis Van Dijk berdasarkan struktur makro
dapat dilakukan dengan cara identifikasi tema yang terdapat pada tuturan. Analisis wacana kritis Van
Dijk berdasarkan superstruktur dapat dilakukan dengan cara menyusun atau mengatur letak tuturan,
seperti awal, tengah, dan akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07-07-2025

How to Cite

Daus, M. R. F., Jumadi, and Moh. Fatah Yasin. “Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Pada Pidato Nadiem Makariem: Analisis Wacana Van Dijk: INDEPENDENT LEARNING AND INDEPENDENT CAMPUS IN NADIEM MAKARIM’S SPEECH: DISCOURSE ANALYSIS OF VAN DIJK”. LOCANA, vol. 8, no. 1, July 2025, doi:10.20527/jlc.v8i1.301.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>