PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 24 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v2i2.24

Authors

  • Asha Cita Puteri Erdanu PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ULM
  • Zulkifli PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ULM
  • Rusma Noortyani PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ULM

Keywords:

pelaksanaan pembelajaran, eksposisi, media gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni memaparkan proses dari pelaksanaan pembelajaran me nulis karangan eksposisi dengan penggunaan media gambar pada kelas VIII  peserta didik SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini dianalisis dengan cara (1) mereduksi data; (2) menyajikan data; dan (3) memverifikasi data atau mengkonklusi. Penelitian ini menghasilkan pemaparan mengenai pelaksanaan penbelajaran menulis karangan eksposisi menggunakan media gambar yang terdiri dari 3 langkah kegiatan, di antaranya (1) pendahuluan, berisi salam dan doa, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik, serta memberikan motivasi; (2)  inti, yang terdiri dari kegiatan 5 M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar informasi dan mengomunikasikan hasil; serta (3) penutup.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

12-08-2019

How to Cite

Cita Puteri Erdanu, A., Zulkifli, and R. Noortyani. “PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 24 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 2, no. 2, Aug. 2019, pp. 1-10, doi:10.20527/jtam.v2i2.24.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>