STRATEGI KESANTUNAN DALAM PIDATO PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 31 BANJARMASIN

Authors

  • Sania Paradila Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusma Noortyani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Lita Luthfiyanti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

strategi kesantunan, pidato, strategi kesantunan tanpa basa-basi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kesantunan dalam pidato peserta didik kelas IX SMP Negeri 31 Banjarmasin dari segi: a) strategi kesantunan tidak langsung; b) strategi kesantunan positif; c) strategi kesantunan negatif; d) strategi kesantunan tanpa basa basi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi: 1) teknik observasi; 2) teknik dokumentasi; 3) teknik wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) peserta didik berpidato di depan kelas; 2) validasi data; 3) klasifikasi data; 4) pemberian skor strategi kesantunan. Teknik analisis data yaitu: 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; 4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Strategi kesantunan positif lebih dominan digunakan oleh peserta didik ketika menyampaikan pidato di depan kelas. Penggunaan strategi kesantunan merupakan penerapan pembelajaran karakter dalam perilaku komunikasi kesantunan dalam berbahasa yakni dengan perolehan bahasa yang santun oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-30

How to Cite

Paradila, S., Noortyani, R., & Luthfiyanti, L. (2022). STRATEGI KESANTUNAN DALAM PIDATO PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 31 BANJARMASIN. JURNAL LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 5(1), 85–94. Retrieved from https://locana.id/index.php/JTAM/article/view/84

Most read articles by the same author(s)