PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ANJIR MUARA

https://doi.org/10.20527/jlc.v7i1.202

Authors

  • ummi kalsum Universitas Lambung Mangkurat
  • Jumadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Cahaya Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

strategi rekonstruktif, menceritakan kembali, cerita fantasi

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi rekonstruktif dalam menceritakan kembali cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Anjir Muara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan 32 siswa kelas VII B. Data penelitian ini berupa pelaksanaan strategi rekonstruktif dalam pembelajaran bercerita hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kelengkapan RPP dan pelaksanaan pembelajaran guru Bahasa Indonesia dengan materi menceritakan kembali cerita fantasi dengan menggunakan strategi rekonstruktif Sangat Baik, (2) hasil belajar siswa materi ini rata-rata mendapat nilai 82. Guru disarankan menggunakan strategi rekonstruktif dalam pembelajaran bercerita.
Kata kunci: strategi rekonstruktif, menceritakan kembali, cerita fantasi
 
 
Abstract
This study aims to describe The Implementation of Reconstructive Strategy in Retelling The Fantasy Story at 7TH Grade Student in SMP Negeri 1 Anjir Muara. This research used a quantitative-descriptive research. The data source of this research is from Bahasa Indonesia teacher and 32 students in VII B class. This research data is in the form of implementing reconstructive strategy and student learning outcomes. The researcher collected the data using interviews, observations, and tests. The data were analyzed by using description analysis. The research results showed: (1) the complete lesson plan and Bahasa Indonesia teacher’s implementation of retelling fantasy story using reconstructive strategy is Very Good, (2) Students' learning outcomes for this material achieved an average score of 82. Teachers are advised to use reconstructive strategy in storytelling learning.
Keywords: reconstructive strategy, retelling, fantasy story

Downloads

Download data is not yet available.

Published

21-05-2024

How to Cite

kalsum, ummi, Jumadi, and N. Cahaya. “PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ANJIR MUARA”. LOCANA, vol. 7, no. 1, May 2024, doi:10.20527/jlc.v7i1.202.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>