TINDAK-TUTUR DIREKTIF DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA NEGERI 6 BANJARMASIN
Keywords:
tindak-tutur, direktif, pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak-tutur direktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jenis penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari data lisan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Penelitian dilakukan menggunakan alat perekam suara (voice recorder) dan handycam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulakan bahwa terdapat jenis tindak-tutur derektif yang berupa jenis permintaan (requestives), pertanyaan (questions), perintah (requirements), larangan (prohibitive), pemberian ijin (permissives), nasihat (advisories). Selain itu, terdapat juga fungsi tindak-tutur direktif berupa 1 buah fungsi mendoa, 1 buah fungsi meminta, 33 buah fungsi bertanya, 1 buah fungsi menghendaki, 3 buah fungsi mengarahkan, 6 buah fungsi mengintruksikan, 2 buah fungsi mensyaratkan, 1 buah fungsi melarang, 4 buah fungsi membolehkan, dan 4 buah fungsi menyarankan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Nia Laraswati, Sabhan, Faradina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.