KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERPEN YANG DIDENGAR SISWA KELAS IX-D SMPN 1O BANJARMASIN
SKILLS WRITE STORIES BASED ON SHORT STORIES HEARDS STUDENTS CLASS IX-D SMPN 10 BANJARMASIN
Keywords:
menulis, keterampilan menulis, cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan cerpen
yang didengar siswa kelas IX-D SMPN 10 Banjarmasin. Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan
siswa berdasarkan struktur dan unsur pembangun cerpen. Jenis penelitian metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa masih kurang
dalam membuat cerpen berdasarkan aspek struktur dan aspek kesastraan. Berdasarkan aspek struktur,
dari 28 siswa, ada 9 siswa (32,14%) dikategorikan sangat baik, 1 siswa (3,58%) dikategorikan baik, 4
siswa (14,28%) dikategorikan cukup, 14 siswa (50%) dikategorikan kurang. Berdasarkan data tersebut,
keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D SMPN 10 Banjarmasin pada aspek struktur
dikategorikan kurang (kurang terampil), dengan persentase (50%). Berdasarkan aspek kesastraan, 8
siswa (28,57%) dikategorikan baik, 6 siswa (21,43%) dikategorikan cukup baik, 14 siswa (50%)
dikategorikan kurang baik. Berdasarkan data tersebut, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D
SMPN 10 Banjarmasin pada aspek kesastraan dikategorikan kurang baik (kurang terampil) dengan
persentase (50%).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Niken Ellysa Putri Niken, Sabhan, Faradina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.