KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERPEN YANG DIDENGAR SISWA KELAS IX-D SMPN 1O BANJARMASIN

SKILLS WRITE STORIES BASED ON SHORT STORIES HEARDS STUDENTS CLASS IX-D SMPN 10 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jlc.v8i1.302

Authors

  • Niken Ellysa Putri Niken Universitas Lambung Mangkurat
  • Sabhan Universitas Lambung Mangkurat
  • Faradina Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

menulis, keterampilan menulis, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan cerpen
yang didengar siswa kelas IX-D SMPN 10 Banjarmasin. Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan
siswa berdasarkan struktur dan unsur pembangun cerpen. Jenis penelitian metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa masih kurang
dalam membuat cerpen berdasarkan aspek struktur dan aspek kesastraan. Berdasarkan aspek struktur,
dari 28 siswa, ada 9 siswa (32,14%) dikategorikan sangat baik, 1 siswa (3,58%) dikategorikan baik, 4
siswa (14,28%) dikategorikan cukup, 14 siswa (50%) dikategorikan kurang. Berdasarkan data tersebut,
keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D SMPN 10 Banjarmasin pada aspek struktur
dikategorikan kurang (kurang terampil), dengan persentase (50%). Berdasarkan aspek kesastraan, 8
siswa (28,57%) dikategorikan baik, 6 siswa (21,43%) dikategorikan cukup baik, 14 siswa (50%)
dikategorikan kurang baik. Berdasarkan data tersebut, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D
SMPN 10 Banjarmasin pada aspek kesastraan dikategorikan kurang baik (kurang terampil) dengan
persentase (50%).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

07-07-2025

How to Cite

Niken, N. E. P., Sabhan, and Faradina. “KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERPEN YANG DIDENGAR SISWA KELAS IX-D SMPN 1O BANJARMASIN: SKILLS WRITE STORIES BASED ON SHORT STORIES HEARDS STUDENTS CLASS IX-D SMPN 10 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 8, no. 1, July 2025, doi:10.20527/jlc.v8i1.302.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>