PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW)

LEARNING DRAMA CLASS VIII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN USING THE THINK TALK WRITE (TTW) MODEL

https://doi.org/10.20527/jlc.v7i2.236

Authors

  • Nor Alya Universitas Lambung Mangkurat
  • Mohammad Fatah Yasin Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahsani Taqwiem Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

pembelajaran, \keterampilan menulis, Think Talk Write (TTW)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, respon peserta didik, dan menulis
teks drama menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilakukan di
MTs Siti Mariam Banjarmasin dengan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil
penelitian ini bahwa menggunakan model Think Talk Write sebagai model pembelajaran drama
peserta didik kelas VIII MTs Siti Mariam Banjarmasin mendapatkan tanggapan positif dari guru dan
peserta didik. Nilai rata-rata yang aktivitas guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaran
model Think Talk Write ialah 80% sesuai kriteria penilaian sangat baik. Aktivitas respon peserta didik
kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran model Think Talk Write ialah 80,2% Selanjutnya,
hasil kemampuan menulis peserta didik dalam pembelajaran drama menggunakan model tersebut
dengan nilai rata-rata 90,2 jika dilihat dalam indikator penilaian menulis dengan kriteria secara tuntas
dan seluruh peserta didik memenuhi KKM. Dengan demikian, penggunaan model Think Talk Write
sangat baik digunakan.
Kata Kunci: pembelajaran, keterampilan menulis, Think Talk Write (TTW)

Downloads

Download data is not yet available.

Published

11-11-2024

How to Cite

Nor Alya, Mohammad Fatah Yasin, and Ahsani Taqwiem. “PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW): LEARNING DRAMA CLASS VIII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN USING THE THINK TALK WRITE (TTW) MODEL”. LOCANA, vol. 7, no. 2, Nov. 2024, doi:10.20527/jlc.v7i2.236.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>