PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN TEKS TANGGAPAN SECARA LURING DAN DARING KELAS IX SMP NEGERI 9 BANJARMASIN

Authors

  • Tia Nursafitry Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Sainul Hermawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahsani Taqwiem Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

pembelajaran teks tanggapan, daring, luring

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran teks tanggapan secara luring dan daring di kelas IX di SMPN 9 Banjarmasin. Sumber data pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX-B SMPN 9 Banjarmasin dan pendidik pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Peserta didik dapat melakukan diskusi dan tanya jawab saat pembelajaran berlangsung melalui aplikasi tersebut. Aplikasi Google Meet yang digunakan pendidik untuk bertatap muka secara virtual saat proses pembelajaran membantu peserta didik lebih memahami pelajaran saat pendidik menggunakan metode ceramah menggunakan media Google Meet. Hasil analisis data yaitu pada proses pembelajaran luring, peserta didik kesulitan menerapkan sistem pembelajaran dengan metode belajar mandiri dan penugasan; pada proses pembelajaran daring, pendidik menggunakan aplikasi Google Meet sebagai sarana pembelajaran tatap muka virtual.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-06

How to Cite

Nursafitry, T., Hermawan, S., & Taqwiem, A. (2022). PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN TEKS TANGGAPAN SECARA LURING DAN DARING KELAS IX SMP NEGERI 9 BANJARMASIN. JURNAL LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 4(2). Retrieved from https://locana.id/index.php/JTAM/article/view/75

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>