EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN APLIKASI ZOOM DI KELAS VIII SMPN 24 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v4i2.61

Authors

  • Ajeng Mega Silvia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Sainul Hermawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Alfianti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

efektivitas, pembelajaran daring, zoom

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pembelajaran daring Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu  kelas VIII D dan VIII H di SMPN 24 Banjarmasin berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan terbagi menjadi tiga yaitu observasi, survei menggunakan angket melalui Google Form, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting efektif. Faktor pendukung yang membuat pembelajaran daring dalam penelitian ini efektif adalah tingkat kreativitas guru dalam melakukan pembelajaran daring lebih bervariasi, penjelasan yang komprehensif dari guru membuat aspek psikomotorik dalam pembelajaran baik, dan sinyal internet yang lancar dapat membantu pembelajaran daring berjalan dengan baik. Hal lainnya yang mendukung pembelajaran daring efektif dapat dilihat dari hasil respon angket dan wawancara pada siswa tidak ada kendala yang berpengaruh besar dalam melakukan pembelajaran daring dengan Zoom.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-11-2021

How to Cite

Mega Silvia, A., S. Hermawan, and D. Alfianti. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN APLIKASI ZOOM DI KELAS VIII SMPN 24 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 4, no. 2, Nov. 2021, pp. 1-17, doi:10.20527/jtam.v4i2.61.