EFEKTIVITAS KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA INSPIRATIF MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANJARMASIN
EFFECTIVENESS OF READING COMPREHENSION SKILLS IN INSPIRATION STORY TEXTS USING THE SQ3R METHOD IN CLASS IX STUDENTS OF SMP NEGERI 3 BANJARMASIN
Keywords:
keterampilan membaca, SQ3RAbstract
Abstrak
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas penggunaan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca teks cerita inspiratif. Selain itu, pada penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengidentifikasi perbedaan keterampilan membaca antara peserta didik yang mendapatkan pengajaran melalui model pembelajaran SQ3R dan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan ini termasuk dalam kategori quasi eksperimen, desain yang digunakan yaitu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini mencakup peserta didik dari 7 kelas kelas IX SMP Negeri 3 Banjarmasin, sampel yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca teks cerita inspiratif terhadap peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Banjarmasin.
Kata kunci: keterampilan membaca, SQ3R
Abstract
The research was conducted with the aim to evaluate the effectiveness of using the SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) learning model to improve the reading skills of inspirational story texts. In addition, this study also aims to identify differences in reading skills between students who get taught through the SQ3R learning model and students who use conventional learning methods in the learning process. The research conducted is included in the category of quasi experiment, the design used is using Nonequivalent Control Group research design. The population in this study included students from 7 classes of grade IX SMP Negeri 3 Banjarmasin, the sample used in the implementation of the study consisted of 2 classes, namely the control class and the experimental class. The results obtained from the research are the application of the SQ3R learning model (Survey, Question, Read, Recite, Review) in the experimental class classified in the category quite effective to improve the reading skills of inspirational story texts to students in grade IX SMP Negeri 3 Banjarmasin.
Keywords: reading skills, SQ3R
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Muhammad Alhudari alhudari, Rusma Noortyani, Faradina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.