RELEVANSI CERITA ANAK TERBITAN KEMDIKBUD DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

THE RELEVANTION BETWEEN CHILDREN STORY BY KEMDIKBUD WITH PROFIL PELAJAR PANCASILA

https://doi.org/10.20527/jlc.v7i2.231

Authors

  • Saidatul Aulia ULM
  • Sainul Hermawan Universitas Lambung Mangkurat
  • Dwi Wahyu Candra Dewi Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

relevansi, cerita anak, profil pelajar Pancasila

Abstract

Profil pelajar Pancasila yang mencapai hingga skala mikro, memerlukan suatu media dengan kompabilitas yang sama sebagai alat internalisasi. Media tersebut ialah buku cerita anak yang diterbitkan Kemdikbud melalui laman daring Budi (Buku Digital) yang bebas akses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan 8 buku cerita anak yang diterbitkan Kemdikbud sebagai sumber data. Melalui 8 buku tersebut, kutipan yang memuat citra fisik anak, citra realitas sosial anak, citra peran sosial anak, dan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila diolah menjadi data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita anak terbitan Kemdikbud merupakan media yang representatif karena memuat citra fisik anak, citra realitas sosial anak, citra peran sosial anak, dan seluruh dimensi profil pelajar Pancasila. Namun demikian, citra fisik anak tidak dimuat pada seluruh sumber data dan ciri fisik yang dimuat juga terbatas.

Profil pelajar Pancasila that reach to a microscale, requires a medium with the same compatibility as an internalization tool. The media is a children's storybook published by Kemdikbud through online site, named Budi (Buku Digital). This research adopted qualitative approaches descriptive using 8 children stories published by Kemdikbud as a source of data. Through the stories, the physical image of children, the image of social reality of children, the image of child social role, and dimentions of profil pelajar Pancasila are processed into research's data. The research results showed that children story from Kemdikbud is a medium that it is representative because it contains the physical image of children, the image of social reality of children, the image of child social role, and dimentions of profil pelajar Pancasila completely. However, the physical image of children is limited.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

11-11-2024

How to Cite

Aulia, S., Sainul Hermawan, and Dwi Wahyu Candra Dewi. “RELEVANSI CERITA ANAK TERBITAN KEMDIKBUD DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: THE RELEVANTION BETWEEN CHILDREN STORY BY KEMDIKBUD WITH PROFIL PELAJAR PANCASILA”. LOCANA, vol. 7, no. 2, Nov. 2024, pp. 133-48, doi:10.20527/jlc.v7i2.231.