PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA SMAN 1 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v4i1.56

Authors

  • M. Erwin Rifaldi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Zulkifli Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahsani Taqwiem Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

persepsi, Google Classroom, peserta didik

Abstract

Persepsi berarti kemampuan untuk memahami dan melihat, serta mengintepretasikan stimulan sehingga memberikan hasil sesuatu yang memiliki arti. Kualitatif-deskriptif merupakan jenis dan metode yang digunakan pada penelitian ini. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA mudah dipahami bagi peserta didik dan aktif pada kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, hasil observasi menunjukkan hasil kerja peserta didik bagus, aktif, disiplin, dan paham dengan penggunaan Google Classroom. Hasil penelitian pada persepsi peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Banjarmasin mengenai pernyataan satu, tiga, empat, dan enam mayoritas peserta didik menyatakan netral. Pernyataan dua, lima, dan tujuh peserta didik dominan menyatakan sesuai, serta pada pernyataan delapan peserta didik dominan menyatakan tidak sesuai. Akan tetapi, pada pernyataan ketiga terdapat peserta didik yang menyatakan sangat sesuai karena kesulitan dalam memahami materi dan bertanya. Selanjutnya, pada pernyataan kedelapan terdapat peserta didik yang menyatakan sangat sesuai karena tenggat waktu pengumpulan tugas yang diberikan terlalu cepat dan masih memerlukan akses internet yang memadai. Dengan demikian, persepsi peserta didik terhadap penggunaan Google Classroom ialah baik dan menunjukkan pembelajaran tatap muka masih dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

21-05-2021

How to Cite

M. Erwin Rifaldi, Zulkifli, and Ahsani Taqwiem. “PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA SMAN 1 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 4, no. 1, May 2021, pp. 75-87, doi:10.20527/jtam.v4i1.56.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>