PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA KOMENTAR WARGANET DALAM PENCEGAHAN WABAH COVID-19 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

https://doi.org/10.20527/jtam.v4i1.58

Authors

  • Oktavia Permita Sari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Jumadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Sabhan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

bahasa persuasi, komentar warganet, Covid-19

Abstract

Bahasa persuasi merupakan sebuah bentuk bujukan, perintah, atau saran yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain agar melakukan sesuai yang dikehendaki penutur atau penulis. Penelitian ini dipilih karena banyaknya warganet yang membujuk, memerintah, atau menyarankan masyarakat dan pemerintah dalam upaya pencegahan wabah Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu bahasa persuasi pada komentar warganet.  Hasil penelitian penggunaan bahasa persuasi pada komentar warganet dalam pencegahan wabah Covid-19 di media sosial instagram memiliki ciri untuk mengajak, menyarankan, memerintah, melarang, menganjurkan, dan mengharapkan. Teknik persuasi yang terdapat dalam penelitian ini antara lain teknik: rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, dan kompensasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

21-05-2021

How to Cite

Oktavia Permita Sari, Jumadi, and Sabhan. “PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA KOMENTAR WARGANET DALAM PENCEGAHAN WABAH COVID-19 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM”. LOCANA, vol. 4, no. 1, May 2021, pp. 99-108, doi:10.20527/jtam.v4i1.58.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>