KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KOMIK WEBTOON SISWA KELAS IX-D MTSN 2 KOTA BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.33

Authors

  • Ainun Purnama Laili PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Sabhan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Sainul Hermawan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

menulis, keterampilan menulis, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen berdasarkan Komik Webtoon siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek kesastraan. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dipakai dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa baik dalam membuat cerpen berdasarkan tema dan amanat yang terdapat dalam Komik Webtoon yang dibaca. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan dari aspek kebahasaan berupa penggunaan ejaan dan aspek kesastraan berupa tokoh dan penokohan, latar, alur, dan sudut pandang. Dari 32 siswa, 21 siswa (65,63%) dikategorikan baik, 10 siswa (31,25%) dikategorikan cukup baik, dan 1 siswa (3,12%) dikategorikan kurang baik. Berdasarkan data tersebut, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX-D MTsN 2 Kota Banjarmasin dikategorikan baik (terampil), dengan persentase 65,63%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-25

How to Cite

Laili, A. P., Sabhan, & Hermawan, S. (2020). KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KOMIK WEBTOON SISWA KELAS IX-D MTSN 2 KOTA BANJARMASIN. LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 3(1), 10–21. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.33

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>