INTERTEKSTUALITAS NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN FILM HUJAN BULAN JUNI KARYA RENI NURCAHYO HESTU SAPUTRA

https://doi.org/10.20527/jtam.v4i1.50

Authors

  • Ade Ferihan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Rafiek Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Maria Lusia Anita Sumaryati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

novel, film, intertekstualitas sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan antara novel dengan film Hujan Bulan Juni serta mendeskripsikan unsur intrinsik dan intertekstualitas sastra meliputi persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam unsur intrinsik tersebut. Oleh karena itu, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan intertekstualitas. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian: tema, tokoh dan penokohan, alur, dan latar. Sumber data adalah novel dan film Hujan Bulan Juni. Instrumen penelitian penulis sendiri dan kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan catat. Teknik analisis data dengan teknik analisis isi dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya transformasi dan modifikasi pada bagian unsur intrinsik. Unsur intrinsik yang mengalami transformasi dan modifikasi pada film Hujan Bulan Juni karya Reni Nurcahyo Hestu Saputra tersebut yaitu tema, tokoh dan penokohan, alur, dan latar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

21-05-2021

How to Cite

Ade Ferihan, Muhammad Rafiek, and Maria Lusia Anita Sumaryati. “INTERTEKSTUALITAS NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN FILM HUJAN BULAN JUNI KARYA RENI NURCAHYO HESTU SAPUTRA”. LOCANA, vol. 4, no. 1, May 2021, pp. 1-15, doi:10.20527/jtam.v4i1.50.