PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v3i2.45

Authors

  • Nurena Mutia Puteri Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Maria Lusia Anita Sumaryati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Faradina Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Pembelajaran, Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik, Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hasil penelitian mengenai perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan kendala dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek kelas XI PS B SMK Negeri 2 Banjarmasin. Metode penelitian, yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Datanya, yaitu persiapan guru dalam penyusunan RPP, materi yang ingin disampaikan, metode yang digunakan, dan proses penilaian belajar peserta didik. Hasil penelitian ini memperlihatkan pelaksanaan pembelajaran guru tidak sepenuhnya berpedoman pada RPP. Aktivitas yang ditunjukkan selama pembelajaran berlangsung berdasarkan observasi, yaitu guru lebih banyak berceramah saat menyampaikan materi dan aktivitas peserta didik terlihat tenang dan memerhatikan guru dalam menyampaikan materi meski beberapa peserta didik tidak memerhatikan dan mengobrol dengan temannya. Guru melaksanakan penilaian berdasarkan tiga ranah, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Beberapa kendala dalam pembelajaran dialami guru dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

08-10-2020

How to Cite

Nurena Mutia Puteri, Maria Lusia Anita Sumaryati, and Faradina. “PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 3, no. 2, Oct. 2020, pp. 41-52, doi:10.20527/jtam.v3i2.45.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>