KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII-B SMP NEGERI 24 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.32

Authors

  • Aas Charniago PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ULM
  • Noor Cahaya PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ULM
  • Faradina PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ULM

Keywords:

kalimat efektif, karangan eksposisi

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian, yaitu kalimat dalam karangan eksposisi. Instrumen penelitian menggunakan tabel analisis ciri kalimat efektif dengan bantuan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan (1) kesepadanan struktur; (2) keparalelan bentuk; (3) ketegasan makna, yaitu peletakan frasa dan partikel; (4) kehematan kata, yaitu pengulangan subjek dihilangkan, menghindari kesinoniman, dan tidak menjamakkan frasa berbentuk jamak; (5) kecermatan dan kesantunan, yaitu pemilihan kata yang tepat dan tidak tepat; (6) kepaduan makna, yaitu keutuhan bentuk kata; dan (7) kelogisan makna, yaitu tidak ambigu.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-25

How to Cite

Charniago, . A., Cahaya, N., & Faradina. (2020). KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII-B SMP NEGERI 24 BANJARMASIN. JURNAL LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.32

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>