PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJARMASIN

DEVELOPMENT OF FLIPBOOK-BASED INDONESIAN LANGUAGE EMODULE ON POETRY WRITING MATERIALS FOR INCREASING THE LEARNING MOTIVATION OF CLASS VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 2 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jlc.v6i2.163

Authors

  • Nur Hana Saevi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • M. Rafiek Universitas Lambung Mangkurat
  • Lita Luthfiyanti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

pengembangan, menulis puisi, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan dari modul elektronik berbasis flipbook pada materi menulis puisi serta mendeskripsikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, dan dissemination). Software yang digunakan untuk mengembangkan modul elektronik adalah heyzine flipbook. Data yang dikumpulkan berupa data validasi modul elektronik dan respon siswa. Data yang telah terkumpul dikonversi menggunakan skala likert dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan produk berhasil dikembangkan dengan model 4D dengan luaran berupa link URL. Berdasarkan uji validasi kelayakan materi berkategori layak dengan persentase 77%, pada aspek kelayakan media berkategori sangat layak dengan persentase 95,10%. Penilaian uji pretest mendapat skor 43% dan hasil posttest mendapat skor 83,14% dengan uji N-Gain mendapat 0,7 dengan kategori tinggi. Sehingga modul elektronik ini layak untuk dikembangkan serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

This study aimed to describe the development and feasibility of flipbook -based electronic modules on poetry writing materials and to describe the effect on increasing student motivation in class VIII SMP Negeri 2 Banjarmasin. This study was a type of resea rch and development (R&D) using the 4D development model (define, design, development, and dessimination). The software used to develop electronic modules was heyzine flipbook. The data collected was in the form of electronic module validation data and stu dent responses. The data collected was converted using a Likert scale and the N -Gain test. The results showed that the product was successfully developed using a 4D model with an output in the form of a URL link. Based on the feasibility validation test, the material was categorized as feasible with a percentage of 77%, in the aspect of eligibility the media was categorized as very feasible with a percentage of 95.10%. The pre-test test scored 43% and the post-test scored 83.14% with the N-Gain test getting 0.7 in the high category. Thus, this electronic module is feasible to be developed and can increase student learning motivation.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03-11-2023

How to Cite

Saevi, N. H., M. Rafiek, and L. Luthfiyanti. “PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJARMASIN: DEVELOPMENT OF FLIPBOOK-BASED INDONESIAN LANGUAGE EMODULE ON POETRY WRITING MATERIALS FOR INCREASING THE LEARNING MOTIVATION OF CLASS VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 2 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 6, no. 2, Nov. 2023, pp. 80-89, doi:10.20527/jlc.v6i2.163.