KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI EKSPOSITORIS PESERTA DIDIK KELAS VII-F SMP NEGERI 31 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.39

Authors

  • Syirmadinah PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Rusma Noortyani PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Lita Luthfiyanti PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

keterampilan menulis, teks narasi ekspositoris

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis teks narasi ekspositoris peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 31 Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil tes menulis yang telah didapatkan yaitu peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 31 Banjarmasin tidak memuat 17 kriteria yang telah ditentukan. Kriteria yang banyak dimuat peserta didik, seperti alur, tokoh, latar tempat, sudut pandang, orientasi, kata ganti orang, dan kata latar tempat. Kriteria yang tidak banyak dimuat peserta didik, seperti watak, latar waktu, latar suasana, komplikasi, resolusi, kata latar suasana, kata latar waktu, kata sambung urutan waktu, ungkapan terkejut, dan penggunaan dialog. Peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 31 Banjarmasin dominan mendapatkan nilai 75 atau kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

25-06-2020

How to Cite

Syirmadinah, R. Noortyani, and L. Luthfiyanti. “KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI EKSPOSITORIS PESERTA DIDIK KELAS VII-F SMP NEGERI 31 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 3, no. 1, June 2020, pp. 72-82, doi:10.20527/jtam.v3i1.39.