TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA SMAN 7 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.34

Authors

  • Eli Yanti PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Noor Cahaya PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Faradina PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

tindak tutur, pembelajaran, direktif

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif secara langsung dan tidak langsung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin. Metode deskriptif dan jenis kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin menunjukkan bahwa bentuk pertanyaan dan fungsi bertanya sering dituturkan. Bentuk tindak tutur direktif secara langsung yang terdapat ialah bentuk permintaan, perintah, pertanyaan, larangan, nasihat, dan pemberian izin. Bentuk tindak tutur direktif secara tidak langsung berupa bentuk permintaan, nasihat, dan larangan. Fungsi tindak tutur direktif secara langsung, yaitu fungsi memohon, meminta, mengajak, bertanya, menghendaki, menuntut, mengarahkan, mengatur, melarang, membatasi, membolehkan, menganugerahi, dan menasihati. Fungsi tindak tutur direktif secara tidak langsung meliputi fungsi memohon, meminta, mengajak, menghendaki, membatasi, dan menasihati.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-25

How to Cite

Yanti, E., Cahaya, N., & Faradina. (2020). TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA SMAN 7 BANJARMASIN. JURNAL LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 3(1), 22–33. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.34

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>