KETERBACAAN TEKS PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX

Authors

  • Alfanida Maghfirah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Moh. Fatah Yasin Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Zakiah Agus Kusasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

keterbacaan, grafik raygor, teks kebahasaan

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan keterbacaan dan kesesuaian teks pada buku teks Bahasa Indonesia kelas IX terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dengan metode deskripsi analisis yang bertujuan memberikan gambaran terhadap tingkat keterbacaan teks pada buku teks, serta kesesuaiannya terhadap peserta didik. Analisis data dilakukan dengan memplotkan penggalan teks ke dalam grafik raygor. Data penelitian ini bersumber dari seluruh teks kebahasaan yang ada pada buku teks dan teks hasil menceritkan ulang oleh peserta didik. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan untuk setiap teks kebahasaan yang ada, tiga dari empat teks memiliki keterbacaan lebih tinggi, yaitu teks pertama, kedua, dan keempat. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memerlukan beberapa penyesuaian. Penyesuaian dapat dilakukan dengan cara mengganti kata sulit dengan kata yang lebih mudah atau dengan cara menyesuaikan jumlah kalimat dengan kemampuan peserta didik sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-30

How to Cite

Maghfirah, A., Fatah Yasin, M., & Agus Kusasi, Z. (2022). KETERBACAAN TEKS PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX. LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 5(1), 1–10. Retrieved from http://locana.id/index.php/JTAM/article/view/77

Most read articles by the same author(s)