KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1

https://doi.org/10.20527/jtam.v2i2.30

Authors

  • Desi Aprianty PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Rustam Effendi PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Sainul Hermawan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

kemampuan, teks ceramah, youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan menganalisis struktur  teks ceramah menggunakan media youtube pada peserta didik kelas XI IPS 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini berupa hasil kerja peserta didik menjawab soal stuktur teks dengan pokok bahasan teks ceramah. Penelitian ini diambil di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Kemudian langsung dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil kemampuan menganalisis struktur teks ceramah peserta didik menunjukkan bahwa nilai mean yang didapat adalah 82,1 berada dalam kategori tinggi. Pada aspek pokok bahasan setiap paragraf, nilai mean yang didapat adalah 78,1 berada dalam kategori cukup. Pada aspek menyusun struktur teks ceramah, nilai mean yang didapat adalah 78,0 berada dalam kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

14-08-2019

How to Cite

Aprianty, D., R. Effendi, and S. Hermawan. “KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1”. LOCANA, vol. 2, no. 2, Aug. 2019, pp. 42-53, doi:10.20527/jtam.v2i2.30.