HUBUNGAN BUDAYA MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 4 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v2i2.29

Authors

  • Hestira Cayu Dahniar PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Sainul Hermawan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Rusma Noortyani PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

budaya membaca, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan budaya membaca serta hasil pembelajar lalu mendeskripsikan hubungan budaya membaca dengan hasil belajar peserta didik di SMAN 4 Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini, yaitu korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan: (1) skor rata-rata budaya membaca peserta didik sebesar 108,55 dan tergolong dalam kategori sedang; (2) nilai rata-rata (mean) hasil belajar peserta didik sebesar 79,26 dan tergolong kategori sedang; (3) terdapat perolehan koefisien positif dan signifikan dengan angka korelasi sebesar 0,513. Hasil korelasi ini tergolong hubungan yang agak rendah karena angka koefisien korelasi terdapat pada selang 0.400-0.600. Berdasarkan hasil analisis di atas, Ha diambil dan Ho dibuang. Ha yang diambil dalam penelitian: ada hubungan yang baik dan relevan antara budaya membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

14-08-2019

How to Cite

Cayu Dahniar, H., S. Hermawan, and R. Noortyani. “HUBUNGAN BUDAYA MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 4 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 2, no. 2, Aug. 2019, pp. 32-41, doi:10.20527/jtam.v2i2.29.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>