Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol 2 No 2 (2019): LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA

HUBUNGAN BUDAYA MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 4 BANJARMASIN

DOI
https://doi.org/10.20527/jtam.v2i2.29
Submitted
August 14, 2019
Published
August 14, 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan budaya membaca serta hasil pembelajar lalu mendeskripsikan hubungan budaya membaca dengan hasil belajar peserta didik di SMAN 4 Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini, yaitu korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan: (1) skor rata-rata budaya membaca peserta didik sebesar 108,55 dan tergolong dalam kategori sedang; (2) nilai rata-rata (mean) hasil belajar peserta didik sebesar 79,26 dan tergolong kategori sedang; (3) terdapat perolehan koefisien positif dan signifikan dengan angka korelasi sebesar 0,513. Hasil korelasi ini tergolong hubungan yang agak rendah karena angka koefisien korelasi terdapat pada selang 0.400-0.600. Berdasarkan hasil analisis di atas, Ha diambil dan Ho dibuang. Ha yang diambil dalam penelitian: ada hubungan yang baik dan relevan antara budaya membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia.