KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN KETIKA SEBUAH MIMPI DIPAHAMI KARYA AL-KAUSARZ SABANI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v2i1.20

Authors

  • Annisyah Maulida PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Moh. Fatah Yasin PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Dewi Alfianti PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

menulis, kemampuan menulis, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan menceritakan kembali isi cerpen peserta didik kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Tarigan  menyatakan bahwa menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang di pahami oleh seseorang. Metode dan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kuantitatif. Sampel penelitian, yaitu 60 peserta didik kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Berdasarkan kemampuan menceritakan isi cerpen pada kelas VIII-B 50% peserta didik  “mampu” dan 50% peserta didik  “sangat mampu” dalam menceritakan isi cerpen. Sedangkan di kelas VIII-E 47 % peserta didik  “mampu” dan 53% peserta didik  “sangat mampu" dalam menceritakan isi cerpen. Secara keseluruhan gabungan kelas VIII-B dan VIII-E 52% peserta didik  dinyatakan “mampu” dalam menceritakan isi cerpen dan 48%  peserta didik  dinyatakan “sangat mampu” dalam menceritakan isi cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

11-08-2019

How to Cite

Maulida, A., M. Fatah Yasin, and D. Alfianti. “KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN KETIKA SEBUAH MIMPI DIPAHAMI KARYA AL-KAUSARZ SABANI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANJARMASIN”. LOCANA, vol. 2, no. 1, Aug. 2019, pp. 19-26, doi:10.20527/jtam.v2i1.20.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>