KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.16

Authors

  • Sapiah PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Jumadi PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Ahsani Taqwiem PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

kemampuan, membaca, kritis, membaca kritis

Abstract

Tujuan penelitian,  mendeskripsikan kemampuan, (a) mengingat dan mengenali fakta tersurat isi bacaan, (b) menginterpretasikan makna tersirat isi bacaan, (c) mengaplikasikan konsep isi bacaan, (d) menganalisis isi bacaan, (e) menyintesis isi bacaan, (f) menilai isi bacaan, dan (g) membaca kritis secara komprehensif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sederhana. Pangambilan sampel 25% dari pupolasi, yakni sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes.Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan. Berdasarkan  analisis hasil penelitian, yaitu kemampuan (a) mengingat dan mengenali fakta tersurat kategori baik, dengan nilai rata-rata 66,15. (b) menginterpretasikan makna tersirat kategori cukup, dengan nilai  rata-rata 65. (c) mengaplikasikan konsep dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata 66,53. (d) menganalisis dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata 72,5. (e) menyintesis dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata 75,19. (f)  menilai isi bacaan, dikategorikan cukup, dengan nilai rata-rata 62,5. Untuk kemampuan membaca kritis secara komprehensif dikategorian baik, dengan nilai rata-rata 70,10.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-27

How to Cite

Sapiah, Jumadi, & Taqwiem, A. (2018). KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANJARMASIN. LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 1(2), 36–44. https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.16

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>