KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 24 BANJARMASIN

https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.14

Authors

  • Ramlah PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Jumadi PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Sainul Hermawan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

kemampuan, memahami, teks eksplanasi

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia ialah salah satu pelajaran yang wajib dilaksanakan di sekolah terutama di Indonesia. Pada kurikulum 2013 yang mengharuskan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Diantaranya ialah teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan memahami teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 24 Banjarmasin. Adapun aspek yang akan diteliti meliputi (1) aspek kebahasaan teks eksplanasi, dan (2) memahami isi teks eksplanasi. Metode yang digunakan ialah metode deksriptif kuantitatif. Kemudian, hasil dari penelitian ini  menunjukkan bahwa: 1) nilai  yang diperoleh peserta didik dalam tes kemampuan memahami aspek kebahasaan teks eksplanasi adalah 77,69 dengan rincian 3,8% tidak mampu, 3,8% kurang mampu, 19,2% cukup mampu, 15,4% mampu, dan 57,8% sangat mampu memahami aspek kebahasaan teks eksplanasi, 2) nilai yang diperoleh peserta didik untuk tes kemampuan memahami isi teks eksplanasi  adalah 71,61 dengan rincian 3,8% tidak mampu, 7.7% kurang mampu, 23,1% cukup mampu, 34,6% mampu, dan 30.8% sangat mampu.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-27

How to Cite

Ramlah, Jumadi, & Hermawan, S. (2018). KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 24 BANJARMASIN. LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 1(2), 18–26. https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>