KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 4 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019

https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.11

Authors

  • Munawarah PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Zakiah Agus PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM
  • Sabhan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP ULM

Keywords:

kemampuan, kaidah kebahasaan, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan kaidah dalam kebahasaan teks berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini akan dianalisis secara kuantitatif dengan statistik berupa angka-angka. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan penguasaan kaidah kebahasaan siswa kelas VIII, yaitu  sebanyak 9 (14%) siswa berkategori sangat mampu, sebanyak 24 (38%) siswa mampu, sebanyak 15 (24%) cukup mampu, sebanyak 12 (19%) mampu, dan sebanyak 3 (5%) tidak mampu dalam menguasai kaidah kebahasaan. Data untuk penguasaan kaidah kebahasaan teks berita menunjukkan dari 63 orang siswa sebanyak 24 (38%) siswa mampu dalam menguasai kaidah kebahasaan teks berita. Pemakaian kata baku siswa kelas VIII dalam membuat teks berita sebanyak 56 (89% ) siswa berkategori sangat mampu, sebanyak 4 (7%) mampu, sebanyak 2 (3%) siswa cukup mampu, sebanyak 1 (1%) siswa tidak mampu dalam memakai kata baku dalam membuat teks berita.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-27

How to Cite

Munawarah, Agus, Z., & Sabhan. (2018). KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 4 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019 . LOCANA: RISET PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.20527/jtam.v1i2.11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>